Ibu Kota Negara Geser ke Daerah Penajam Pasir Utara

“Pemerintah sudah lakukan kajian-kajian dalam serta diintensifkan dalam 3 tahun paling akhir ini. Hasil analisis, tempat ibu kota baru yang paling baik ialah di beberapa Kabupaten Data Sgp Penajam Pasir Utara, serta beberapa di Kabupaten Kutai Kartanegara, Prov Kalimantan timur,” kata Presiden dalam konperensi wartawan di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/08/2019) siang.

Menurut Presiden, penentuan tempat di Kalimantan Timur itu dilandasi beberapa alasan, yakni: 1. Risiko musibah minimum (baik banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran rimba, gunung berapi serta tanah longsor; 2. Tempat strategis (ada di tengahnya Indonesia), 3. Bedekatan dengan daerah perkotaan yang telah berkembang (Balikpapan serta Samarinda). 4. Sudah mempunyai infrastruktur yang relatif komplet. 5. Telah ada tempat yang dikuasai pemerintah seluas 180.000 hektar.

Ongkos pembangunan ibu kota negara ini, menurut Presiden, keseluruhan kebutuhannya sampai Rp466 triliun. Nanti, dari APBN akan memakai 19 persen. Sesaat bekasnya akan didapat lewat pola Kerja sama Pemerintah dengan Tubuh Usaha (KBBU), serta investasi langsung swasta serta Tubuh Usaha Punya Negara (BUMN). Jakarta, lanjut Presiden, akan jadi prioritas pembangunan serta terus ditingkatkan jadi kota usaha, kota keuangan, pusat perdagangan, serta pusat layanan bertaraf regional serta global.

Baca juga : Menko Polhukam Papua Timur Dan Papua Barat Satu Bangsa Indonesia

“Rencana Pemprov DKI Jakarta untuk lakukan urban regeneration yang dianggarkan sebesar Rp571 triliun masih terus digerakkan, serta ulasannya telah pada level tehnis serta siap dilakukan,” sambung Presiden.

Presiden mengerti bila perpindahan ibu kota negara ini membutuhkan kesepakatan DPR. Karena itu, menurut Presiden, pagi barusan dianya telah mengirim surat pada Ketua DPR dengan dilampiri beberapa hasil analisis tentang ibu kota baru itu. “Sehubungan dengan hal itu, pemerintah akan selekasnya menyiapkan perancangan undang-undang (RUU) untuk seterusnya dikatakan pada DPR,” tutur Presiden.

Waktu menginformasikan tempat perpindahan ibu kota negara ini Presiden dibarengi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, Mensesneg Pratikno, Menteri PPN/Bappenas Bamban Brodjonegoro, Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Jalil, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri LHK Siti Nurbaya, Gubernur Kalimantan timur Isran Noor, Gub DKI Jakarta Anies Baswedan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *